Branding Kelas Akber Bali

#16 “Public Speaking”

 
“…banyak orang lebih memilih untuk melakukan terjun payung daripada berbicara di depan publik.” – NN

Kalimat menarik yang menggambarkan seberapa tidak nyamannya mayoritas orang ketika diminta untuk bicara / berkomunikasi dihadapan publik. Komunikasi adalah cara menyampaikan pesan yang diinginkan ke orang lain, lewat lisan maupun tulisan. Dalam beberapa hal, komunikasi lisan menjadi hal yang begitu penting saat harus berinteraksi dalam lingkungan sosial dan kebutuhan untuk menyampaikan pesan sekaligus kepada banyak orang.

Bahkan Susan Cain penulis “QUIET: The Power of Introverts in a World That Can’t Stop Talking,” mengakui dirinya adalah seorang introvert yang merasa kurang nyaman ketika harus bicara dan dilihat banyak pasang mata, tapi disisi lain dia harus berdiri dan melakukan presentasi dalam sebuah event TEDx (sebuah komunitas international dalam penyebaran ide). Susan berpendapat Public Speaking adalah cara menjebatani pemikirannya ke lebih banyak orang dan begitu penting untuk dipelajari juga dimiliki setiap orang.

Beberapa komunikator seperti Steve Jobs, Bill Gates, Obama dan masih banyak lagi begitu mempesona audiens-nya ketika berbicara atau menyampaikan pesan, juga awalnya bukan seorang speakers menarik seperti sekarang, mereka melalui proses panjang, sampai akhirnya dikenal memiliki kemampuan public speaking yang berkarakter dan handal.

Guru kali ini, I Made Andi Arsana akan berbagi tentang “Public Speaking” Di Kelas #16 Akademi Berbagi Bali. Latar belakang public speaking ini dipelajari I Made Andi Arsana dari pengalaman berbicara di berbagai forum international terutama tentang isu batas – batas wilayah, dan proses menarik meyakinkan banyak pihak hingga bisa dia mendapatkan beasiswa ADS, Dosen sekaligus penulis “Batas Maritim Antarnegara”, “Cincin Merah di Barat Sonne” dan yang terbaru “Berguru ke Negeri Kangguru” ini juga rajin membagikan ceritanya di twitter @madeandi.

Banyak komunikasi tulisan yang juga sering dibagikan lewat kanal pribadinya, Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mengenal lebih dekat lewat: web, linkedin, atau youtube.

Share To :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *