Akademi Berbagi Bali Ulasan Kelas

#AkberBali85 “Raw Food 101”

“Bagi saya, saya suka ya saya ambil. Itu treatment saya.” begitu sepatah kata Chef Made Runatha saat memberi kelas #AkberBali85 : Raw Food 101 di Kembali Innovation Hub tanggal 28 April 2019 lalu. Sebagai praktisi di bidang raw food, Chef Made Runatha mulai mengenai raw food ketika bekerja untuk sebuah villa di Bali. Beliau belajar raw food di Amerika dan mulai bersekolah di Living Light Culinary Arts Institute. Setelah menyelesaikan sekolahnya, ia mendapat gelar sebagai Plant Based Cuisine Chef dan kembali bekerja di Five Elements sebagai Kepala Koki.

Apa itu raw food? Secara filosofi raw food adalah makanan yang bahan dasarnya sebagian besar mentah, tetapi masih ada yang dimasak tetapi tidak melebihi suhu badan kita yaitu 42 derajat celcius. Raw food memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah penting untuk pencernaan karena dapat mengubah sistem pencernaan menjadi lebih baik. Raw food juga dapat meningkatkan sistem imun, memberi oksidasi untuk menjaga dari radikal bebas, menurunkan berat badan, menyembuhkan banyak penyakit.

Dalam proses mengolah raw food, alangkah baiknya untuk tidak 100% mengkonsumsi raw food. Dikombinasikan misalnya 2 jenis raw, 1 jenis masak. Presentasenya kira – kira 50% raw food, 50% plant based. Hal ini jugalah yang menjadikan mengolah raw food tidak sembarangan, perlu adanya kreativitas karena tantangan dalam mengolah raw food itu besar. Yang terpenting adalah bahan makanan yang diolah adalah bahan organik.

Raw food bisa menjadikan kita untuk mengolah 1 bahan menjadi apa saja. Contohnya adalah timun atau cucumber. Isinya bisa dipakai untuk sajian makanna, kulitnya bisa digunakan untuk green juice, dan ampas seratnya bisa dipakai untuk crackers. Raw food tidak memakai dairy product tapi bukan berarti tidak bisa mengkonsumsi susu atau es krim. Susu bisa menggunakan susu almond, begitu juga es krim. Untuk kecap sendiri raw food biasanya menggunakan tamari dan coconut aminos.

Salam,

Berbagi Bikin Happy

Fani

Share To :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *