Tentang Kami

Akademi Berbagi (Akber) Bali digagas pada 8 Desember 2011 oleh beberapa orang, diantaranya Hendra W. Saputro dengan Kepala Sekolah pertama Adhiwena Wirya Wiyudi.  Akber Bali adalah bagian dari Akademi Berbagi Nasional, sebuah gerakan sosial di dunia nyata yang lahir dari media sosial Twitter pada bulan Juni tahun 2010 di Jakarta dengan Ainun Chomsun sebagai pendiri.

Gerakan kami mengajak setiap orang untuk terus belajar dan pada sisi lain juga mengajak ahli, praktisi maupun professional di bidangnya untuk berbagi pengetahuan, wawasan maupun pengalaman yang dimiliki.

Gerakan kami berkembang dengan konsisten menyelenggarakan kelas kecil setiap bulan. Kelas kecil yang dikenal sebagai kelas reguler Akber Bali berguna untuk memberikan pemahaman pada satu tema sekaligus meluaskan jaringan. Seluruh kelas yang diadakan Akber Bali berbasis kesukarelawanan sehingga wajib untuk selalu gratis dan bebas dari selubung donasi berupa uang.   

 

Akber Bali memiliki empat unsur dalam gerakannya:

  1. Relawan Pengelola: para penggerak Akber yang secara khusus menyelenggarakan kelas-kelas secara gratis dan dengan kesukarelawanan ikut terus membuat Akber, khususnya Akber Bali bergerak.
  1. Relawan Guru: seseorang maupun tim yang secara sukarela membagikan ilmu dan pengalamannya kepada para murid dalam setiap kelas yang diadakan oleh Akber, khususnya Akber Bali.
  1. Relawan Tempat: pemilik maupun pengelola tempat yang dengan sukarela memberikan waktu dan lokasinya untuk menyelenggarakan kelas-kelas yang diadakan oleh Akber, khususnya Akber Bali.
  1. Peserta kelas dengan sebutan Akberians, apakah kamu salah satunya?

 

Selain kelas reguler, Akber Bali memiliki beberapa aktivitas, antara lain:

  1. Akber Fokus: Kelas berseri 4-5 kali pertemuan mengenai satu tema yang dibawakan oleh satu relawan guru dengan murid yang sama dalam beberapa kali pertemuan.
  1. Akber Goes to: Kunjungan ke satu sekolah maupun daerah lain di Pulau Bali untuk mengadakan rangkaian kelas dengan tema-tema tertentu.
  1. Take Over: Kultwit yang diberikan oleh praktisi maupun professional di bidang tertentu selama beberapa jam melalui media sosial (Twitter) Akber Bali.

Website Akber Bali dirancang sebagai arena belajar dan berbagi. Setiap pengunjung bisa mengakses materi kelas Akber Bali sebelumnya yang dibagikan oleh relawan guru. Pengunjung juga bisa membaca ulasan kelas yang ditulis oleh relawan pengelola maupun Akberians.

Selamat berbagi!

 

Salam,

Berbagi bikin happy!